Nelson Mandela Tinggalkan 6 Nama Populer - Aisha News

Advertisement
Advertisement

Nelson Mandela Tinggalkan 6 Nama Populer

Aisha News - Selamat jalan Nelson Mandela yang kini sudah meninggal dunia. Banyak sekali kenangan yang telah ditinggalkan olehnya, salah satunya soal nama. Pria berkulit hitam dan bijak ini sempat memiliki enam nama populer dan memiliki arti yang berbeda.

Inilah enam nama yang dikutip dari sebuah situs resmi Nelson Mandela:

1. Dalibhunga

Ini sebuah nama bagi Mandela pada usia 16 setelah ia melakukan inisiasi, pada waktu ritual tradisional dengan suku Xhosa saat seseorang melangkah pada kedewasaan. Yang diartikan; pendiri dewan atau pencipta serta pencetus dialog. Ungkapan yang paling sesuai untuk menyapa Mandela dengan kata nama adalah: “Aaah! Dalibhunga”.

5. Khulu

Mandela sering disebut nama Khulu, yang artinya hebat, besar, penting. Tapi jika merujuk pada nama Mandela, kata tersebut diartikan sebagai orang yang sangat hebat. Panggilan Khulu merupakan kependekan dari sebuah kata Xhosa “Bawomkhulu” yang artinya kakek.

3. Madiba

Nama Madiba diambil dari marga tempat Mandela berasal di suku Xhosa. Bagi mereka, sebuah nama marga lebih penting dibandingkan nama keluarga karena mengacu tepatnya pada nenek moyang dari orang tersebut yang terdahulu. Menggunakan nama marga seseorang di Afsel sangat sopan untuk menyapa. Sementara Madiba, diartikan merujuk tepatnya kepada seorang kepala Thembu yang sudah memerintah di Transkei pada abad ke 18.

2. Nelson

Nama yang diberikan oleh Sang guru, Mdingane, kepada Mandela saat pertama masuk sekolah. Nelson telah dipilih karena tepat dengan kebiasaan sekolah yang memberikan sebuah nama pada anak dengan nama Kristen serta dipengaruhi oleh kolonial Inggris yang tidak bisa mengucapkan kalimat nama Afrika.

2. Rolihlahla

Nama lahir Mandela adalah Rolihlahla. Saat di suku Xhosa, Rolihlahla yang artinya “menarik cabang pohon”. Pada bahasa sehari-hari yang artinya “pembuat onar”. Mphakanyiswa Gadla Henry -  Ayahnya yang sudah memberikan nama tersebut. Pada Keluarga Mandela menggunakan banyak istilah sayang untuknya. Cucunya menggunakan sapaan varian “Kakek”, seperti “Granddad” misalnya. Graa Machel, istri ketiganya, sering menggunakan sebuah istilah “Papa” bagi Mandela.

4. Tata

Kata Tata pada suku Xhosa yang artinya “ayah”. Tata dimaknai sebagai sebuah panggilan sayang yang sering digunakan oleh orang Afrika Selatan kepada Mandela. Mandela sangat dikenal sebagai seorang dengan sosok ayah bagi banyak orang. Masyarakat memanggilnya Tata, meskipun ada yang usianya lanjut lebih tua dari Mandela.
Tulis Komentar
Tutup Komentar

0 Response to "Nelson Mandela Tinggalkan 6 Nama Populer"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel